Kegiatan HarianPengumumanLowongan staf pelaksana penggalangan dana publik LBH Yogyakarta

January 7, 2021by adminlbh0
https://i1.wp.com/lbhyogyakarta.org/wp-content/uploads/2021/01/IMG-20210107-WA0008.jpg?fit=1080%2C1080&ssl=1

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta adalah lembaga yang berada di bawah payung Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI). Didirikan pada 6 September 1981 oleh sejumlah tokoh masyarakat di bidang hukum (advokat, akademisi, pegiat sosial, dll), kelahiran LBH Yogyakarta dilandasi pada kesadaran, tekad dan komitmen yang kuat untuk terus menerus berusaha dan berjuang dengan jalan menjaga agar hak-hak dasar/hak-hak asasi manusia yang langsung diberikan oleh tuhan yang maha esa tidak dikurangi, dirampas atau dipasung.

Dalam rangka itulah dengan mengambil fokus hukum sebagai titik tolaknya, LBH Yogyakarta akan menumbuhkan, mengembangkan, memajukan pengertian, penghormatan terhadap nilai-nilai negara hukum, martabat dan hak asasi manusia pada umumnya dan meninggikan kesadaran hukum masyarakat pada khususnya, baik kepada pejabat maupun warga negara biasa supaya mereka sadar akan hak-hak dan kewajiban-kewajiban sebagai subyek hukum, memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma kepada masyarakat luas yang tidak mampu, berperan aktif dalam proses pembentukan hukum, penegakkan hukum dan pembaharuan hukum sesuai dengan konstitusi yang berlaku dan Deklarasi Umum Hak-Hak Asasi Manusia (Universal Declaration of Human Rights) dan selanjutnya memajukan dan mengembangkan program-program yang mengandung dimensi keadilan dalam bidang politik, sosial, ekonomi, budaya dan gender dengan fokus tetapnya pada bidang hukum. Maka dari itu, maksud dan tujuan YLBHI-LBH Yogyakarta ialah bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan, yang untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut YLBHI-LBH Yogyakarta akan menjalankan kegiatan yang salah satunya berkaitan dengan penggalangan dana.

Penggalangan dana menjadi salah satu sistem pendukung (supporting system) dalam tugas-tugas pemberian bantuan hukum dan program-program yang mengandung dimensi keadilan dalam bidang politik, sosial, ekonomi, budaya dan gender di LBH Yogyakarta. Penggalangan dana merupakan bagian yang sangat vital dan dibutuhkan agar tugas-tugas bantuan hukum dapat berjalan lancar dan optimal sehingga tujuan dari YLBHI-LBH Yogyakarta dapat tercapai. Sebab itu, LBH Yogyakarta mengajak rekan-rekan yang memenuhi kriteria di bawah ini untuk mengikuti proses seleksi sebagai staf pelaksana penggalangan dana publik.

A. Kualifikasi yang dibutuhkan

1. Jujur, berintegritas, menjunjung tinggi nilai keadilan, kebenaran dan hak asasi manusia.
2. Memiliki pengalaman di bidang marketing minimal 1 tahun akan lebih baik.
3. Memiliki pengetahuan mengenai konsep dan mekanisme kerja penggalangan dana publik baik online maupun offline.
4. Minimal lulusan S1/D3 segala jurusan.
5. Berusia maksimal 30 tahun pada waktu pendaftaran.
6. Tidak menjadi anggota PNS/Polisi/TNI.

B. Kompetensi yang kami cari

1. Memiliki keahlian sebagai marketer, content creator, copywriter atau spesialisasi lain.
2. Memiliki kreativitas tinggi untuk mengidentifikasi isu, merancang strategi penggalangan dana dan kampanye digital (online) maupun offline.
3. Memiliki kemampuan dasar desain grafis atau video grafis.
4. Memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang baik.
5. Memiliki kemampuan untuk meng-organize event.
6. Memiliki pengetahuan hak asasi manusia.
7. Antusias, inovatif, kreatif, dan memiliki inisiatif dalam bertugas.

C. Persyaratan administratif dan berkas yang harus dilengkapi saat pendaftaran

1. Surat lamaran/motivation letter ditujukan kepada direktur LBH Yogyakarta
2. Curriculum vitae/riwayat hidup.
3. Pas foto 3×4 sebanyak 1 buah.
4. Fotokopi KTP/paspor/identitas diri.
5. Foto kopi ijazah S1/D3.
6. Transkrip nilai.
7. Surat pernyataan bukan sebagai anggota PNS, TNI dan atau Polri.
8. Portofolio.
9. Jawaban atas rencana bisnis (soal terlampir).

Kirimkan berkas pendaftaran dan jawabanmu ke office@lbhyogyakarta.org dengan format subjek (Nama Lengkap_Calon Staf Pelaksana PDP) paling lambat pada Senin, 18 Januari 2021, pukul 16.00 WIB.

D. Apa yang LBH Yogyakarta tawarkan padamu?

1. LBH Yogyakarta akan menyediakan kesempatan belajar dan mengembangkan diri bersama kami sebagai sebuah tim.
2. LBH Yogyakarta menawarkan kesempatan bagi kamu untuk menghadiri acara-acara dan pengembangan kapasitas sesuai minatmu.
3. Kami membuka ruang untukmu mengembangkan ide-idemu yang sejalan dengan nilai, visi dan misi lembaga.

Sebagai sebuah lembaga yang memperjuangkan pemenuhan, penghormatan dan perlindungan hak asasi manusia, kami berpegang teguh pada nilai-nilai keberagaman, non-diskriminasi, dan keadilan gender. Untuk itu dalam proses perekrutan pengabdi bantuan hukum, kami hanya menilai berdasarkan kualifikasi dan kompetensi yang kami tentukan tanpa memandang ras, agama, warna kulit, jenis kelamin/gender termasuk kehamilan, ekspresi dan identitas gender, orientasi seksual, disabilitas, serta status perkawinan. LBH Yogyakarta bangga dan akan terus berusaha untuk dapat menjadi organisasi yang menerapkan kesetaraan kesempatan dalam setiap perekrutan para pengabdi bantuan hukum.

*******************************************************************

Soal rencana bisnis yang harus dijawab oleh peserta

LBH Yogyakarta merupakan organisasi masyarakat sipil yang memberikan layanan bantuan hukum gratis bagi masyarakat miskin, buta hukum dan tertindas. Untuk menjalankan tugas-tugasnya, LBH Yogyakarta membutuhkan biaya operasional penanganan kasus dan overhead lembaga. Biaya ini diharapkan dapat terpenuhi melalui program penggalangan dana publik. Untuk meyakinkan publik menjadi donor LBH Yogyakarta, berdasarkan keahlian anda sebagai seorang fundraiser, maka:

1. Buatlah sebuah konten kampanye (desain grafis atau video grafis) penggalangan dana publik berdasarkan isu atau kasus yang pernah ditangani LBH Yogyakarta.
2. Buatlah perencanaan strategis (serta pelaksanaan teknisnya) dan anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan penggalangan dana publik serta wirausaha sosial dengan berbagai strategi offline atau online, sehingga biaya operasional penanganan kasus dan overhead lembaga) terpenuhi.

Ketentuan teknis:

1. Ditulis dengan kertas A4, ukuran huruf 12, spasi 1, margin normal, maksimal 3 halaman word.
2. Tidak perlu menuliskan ulang soal dalam lembar jawabanmu.
3. Judul dokumen jawaban: (Nama Lengkap_Calon Staf Pelaksana PDP_Rencana Bisnis).
4. Kirimkan jawaban rencana bisnismu bersamaan dengan berkas administratif lainnya dalam satu utas email yang sama.
5. Bagi peserta yang lulus ke tahap selanjutnya, yaitu presentasi rencana bisnis, siapkan pula presentasimu berdasarkan jawaban yang telah kamu kirim ini, kedalam bentuk power point atau aplikasi sejenis lainnya.

Jl. Benowo No.309, Winong, RT 12/RW 03, Prenggan, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55172

+ 62 (0274) 4351490